Jumat, 12 Juni 2015

Rapat Jam 06 Itu Mitos (?)


Pernah dapet undangan rapat jam 06 pagi? sama aku juga, hehe
ada sebuah "tradisi" yang seolah menjadi warisan dalam lembaga rohis, yup rapat di pagi hari. Saat yang lain memutuskan untuk memilih malam untuk mengadakan rapat, maka lembaga rohis (biasanya) memilih pagi untuk melaksanakan rapat. Biasanya jam 06 pagi dipilih untuk mengadakan rapat. Tujuan dari pelaksanaan rapat di pagi hari sebetulnya untuk melatih kedisiplinan dari para fungsionaris, bagaimana tidak? disaat yang lain mungkin masih menikmati waktu menunggu kuliah, mereka dituntut untuk datang ke kampus jam 06. Belum lagi kalau ya kebetulan kuliahnya jam 09, waktu pagi yang harusnya mungkin ia pakai untuk tidur sambil menunggu jam 09 justru ia gunakan untuk melaksanakan rapat. Atau bisa juga barangkali ia baru bangun jam 05, masih dalam kondisi mengantuk ia harus berangkat rapat. Dan masih banyak lagi faktor-faktor yang harus ia lawan untuk berangkat rapat jam 06 pagi, yaa jam 06 pagi.

Namun ada hal yang cukup menggelitik terkait rapat jam 06 ini, katanya rapat jam 06 itu hanya sebuah mitos. Tidak bisa dipungkiri pendapat semacam ini muncul memang karena realita yang terjadi, jarang sekali undangan rapat jam 06 akan benar-benar dimulai tepat waktu. 15 menit kemudian, 20 menit kemudian, 30 menit kemudian, bahkan 1 jam kemudian terkadang rapat baru bisa dimulai. Alasannya mulai dari nunggu banyak orang lah, toleransi waktu telat lah (loh ini malah buat kesempatan buat telat hehe) , atau yang ngundang rapat belum dateng. Sehinngga munculah pernyataan-pernyataan yang menganggap gak mungkin rapat bener-bener dimulai jam 06 teng.
Sebenarnya gak semuanya loh datang telat, ada satu dua orang yang benar-benar datang sebelum jam 06, namun karena rapatnya dimulai jam 06 lebih ya akhirnya (mungkin) di rapat selanjutnya ia bakal datang jam 06 lebih, ya gimana lagi daripada nunggu terlalu lama? kan gak enak kali menunggu itu *eakk. Tapi ada juga yang tetap ngotot berangkat sebelum jam 06 pagi walaupun udah berkali-kali di PHP, yang kaya gini yang patut di jaga bro.
Bagaimana solusinya? solusi paling sederhana adalah minimal yang ngundang rapat datang sebelum jam 06. Begitu udah jam 06, mau baru dua orang kek, tiga orang kek yaudah dimulai aja, jangan sampai kita mendzolimi kesemangatan mereka yang datang tepat waktu. Nah buat yang telat, mending segera ambil wudhu dan shalat taubat yah, hehehe (lupakan). Buat yang telat, insya Allah kalau liat rapat dimulai tepat waktu ia akan membiasakn untuk datang tepat waktu juga, insya Allah.
wallahu'alam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar